Senin, 17 Maret 2014

Peran Komunikasi Dalam Organisasi

Pengertian dan Arti Penting Komunikasi
Kata/istilah komunikasi atau dalam bahasa Inggris disebut Communication berasal dari kata latin communicatio, dan bersumber dari kata communis yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Dalam pengertiannya secara khusus mengenai komunikasi adalah “proses mengubah perilaku orang lain”( Hovland).
Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
“Komunikasi adalah proses dimana seseorang individu atau komunikator mengoperkan stimulan biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal maupun non verbal) untuk mengubah tingkah laku orang lain”(Carl I. Hovland).
“Komunikasi adalah proses sosial, dalam arti pelemparan pesan/lambang yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adat kebiasaan”(William Albig)
“Komuniksi berarti suatu mekanisme hubungan antar manusia dilakukan dengan mengartikan simbol secara lisan dan membacanya melalui ruang dan menyimpan dalam waktu”(Charles H. Cooley)

Arti Penting Komunikasi
Pengkajian terhadap komunikasi organisasi memiliki arti penting mengingat bahwa komunikasi organisasi merupakan suatu disiplin studi yang dapat mengambil sejumlah arah yang sah dan bermanfaat. Dalam arti pengkajian akan memberikan manfaat tidak hanya bagi siapa saja yang ingin memahami perilaku organisasi secara lebih baik, tapi juga memiliki aspek pragmatis bagi orang-orang yang ingin memperbaiki kinerjanya sebagai peserta/anggota suatu organisasi.

Studi komunikasi organisasi dapat memberikan landasan kuat bagi karier dalam manajemen, pengembangan sumber daya manusia, dan komunikasi perusahaan, serta tugas-tugas lainnya yang berorientasikan kepada manusia dalam organisasi (Pace & Faules, 2001: 25)



Jenis dan Proses Komunikasi

Proses Komunikasi dapat dilihat dari unsur-unsur yang terdapat, berkaitan dengan siapa pengirimnya (komunikator), apa yang dikatakan atau dikirimkan (pesan), saluran komunikasi apa yang digunakan (media), ditunjukan untuk siapa (komunikan), dan apa akibat yang akan ditimbulkannya (efek).
Dalam proses komunikasi, kewajiban seorang pengirim atau komunikator adalah mengusahakan agar pesan-pesannya dapat diterima oleh penerima (komunikan) sesuai dengan kehendak pengirim. Model proses komumikasi secara umum dapat memberikan gambaran kepada pengelola organisasi, bagaimana mempengaruhi atau mengubah sikap anggota/stakeholder-nya melalui desain dan implementasi komunikasi. Dalam hal ini pengirim atau sumber pesan a merupakan individu atau berupa suatu organisasi sebagaimana dapat dilihat dalam Gambar 1 sebagai berikut.
Sender         Encoding         Message Media          Decoding         Receiver          Response
                    Feedback


Jenis Komunikasi

Komunikasi lisan
komunikasi lisan secara langsung adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap muka secara langsung dan tidak ada jarak atau peralatan yang membatasi mereka. Lisan ini terjadi pada saat dua orang atau lebih saling berbicara/ berdialog, pada saat wawancara, rapat, berpidato.
komunikasi lisan yang tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara alat seperti telepon, handphone, VoIP, dan lain sebagainya karena adanya jarak dengan si pembicara dengan lawan bicara.
Komunikasi tulisan
komunikasi tulisan adalah komunikasi yang di lakukan dengan perantaraan tulisan tanpa adanya pembicaraan secara langsung dengan menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan dapat dimengerti oleh penerima. Komunikasi tulisan dapat berupa surat-menyurat, sms, surat elektronik, dan lain sebagainya.
komunikasi tulisan juga dapat melalui naskah-naskah yang menyampaikan informasi untuk masyarakat umum dengan isi naskah yang kompleks dan lengkap seperti surat kabar, majalah, buku-buku dan foto pun dapat menyampaikan suatu komunikasi secara lisan namun tanpa kata-kata. Begitu pula dengan spanduk, iklan, dan lain sebagainya.

Komunikasi Efektif

Teknik berkomunikasi yang efektif harus dimiliki setiap mereka yang menginginkan kesuksesan. Semoga kata-kata mutiara berikut ini dapat membantu anda. selamat menikmati.

A. Belajarlah menjadi pendengar yang baik, sehingga komunikasi anda menjadi lebih efektif.

B. Tingkatkanlah kosakata anda dan penguasaan bahasa anda, sehingga kata-kata yang anda keluarkan lebih lancar dan mudah dipahami.

C. pahamilah pemikiran lawan bicara anda dengan jauh lebih dalam, sehingga setiap kata yang anda keluarkan bisa tertancap lebih dalam di hati lawan bicara anda.

D. Gerak tubuh anda, memainkan peran yang lebih besar daripada kata-kata yang anda ucapkan. Jaga gerakan tubuh anda, jadikan gerakan tubuh anda berwibawa.

E. cerdas dalam berkomunikasi berarti membuka peluang yang jauh lebih melimpah. Jika anda mengingkan kesuksesan, terlebih dahulu permantap gaya berkomunikasi anda.

F. semakin berkualitas pertanyaan yang anda ajukan, semakin berkualitas jawaban yang mereka berikan, semakin berkualitas dan efektif komunikasi anda.


     G. Komunikasi memerlukan teknik yang beragam. Terkadang kita harus mendengarkan, terkadang kita diharuskan mengkritik, terkadang diutamakan memuji. Komunikasi efektif adalah mengerti situasi, sehingga memberikan bisa respon yang tepat.

H. tataplah mata lawan bicara anda dengan waktu yang sesuai. Sehingga ia tidak merasa dipelototi dan tidak merasa diabaikan.

I. Carilah topik pembicaraan yang menarik, atau cari cara untuk menjadikan topik yang anda bicarakan menarik.

J. saat anda tersenyum, anda tidak mengucapkan sepata katapun. Tapi satu senyuman tersebut lebih berarti dari ratusan kata-kata.

K. berikanlah lawan bicara anda sesuatu yang bisa membantunya. Berikan saran, berikan motivasi, berikan saran maupun kritik, atau berikan bantuan fisik.

L. bersemangatlahm sehingga lawan bicara anda menjadi bersemangat karena kedatangan anda.

M. nama adalah kata paling sensitif di telinga lawan bicara anda. sebutlah nama mereka, maka mereka akan mendengarkan dengan penuh antusias.

N. jika anda pribadi yang bisa memberi mereka keuntungan, maka mereka akan terikat kepada anda. cari dan ciptakanlah hal-hal tersebut.

O. investasikan tenaga, waktu dan uang anda untuk memperdalam keterampilan berkomunikasianda. Karena komunikasi adalah keterampilah yang akan selalu anda gunakan sumur hidup anda.

P. jadilah orang yang percaya diri, dan biarkan percaya diri diri tadi dmeresap kedalam kata-kata anda.

Q. orang-orang hebat bisa langsung terlihat hanya dengan mendengarkan kata-kata mereka.

R. seperti halnya bayi yang belajar berbicara. Komunikasi yang efektif harus dipelajari dengan sungguh-sungguh.

S. saat anda pandai berkomunikasi, anda akan menarik peluang yang lebih banyak dari pada orang lain.

T. keterampilan berkomunikasi terkadang membuat orang tak berkualitas mengalahkan orang berkualitas. Permantap keterampilan berkomunikasi anda.

U. jadikan hati anda berkumunikasi dengan hati orang lain. Jadikan perasaan anda menyatu dengan lawan bicara anda. dengan demikian anda akan melahirkan hubungan relasi yang kuat.

Implikasi Manajerial

Dalam kamus besar bahasa Indonesia implikasi mempunyai arti yaitu akibat. Kata dari implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yang salah satunya adalah aspek implikasi manajerial. Di dalam manajemen sendiri terdapat 2 implikasi yaitu :
l Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan.
l Implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.











Daftar Pustaka: