Selasa, 28 Juli 2015

4 Tugas Bidang SI & 4 Tugas Bidang Lain

4 Tugas bidang SI

Tugas 1 bidang SI:
Sistem face detector untuk daftar hadir mahasiswa
Deteksi Kehadiran Mahasiswa Menggunakan Face Recognition
Pengenalan wajah atau Face Recognition adalah sebuah sistem identifikasi pribadi yang menggunakan karakteristik pribadi seseorang (dalam hal ini wajah orang tersebut) untuk mengidentifikasikan identitas orang tersebut. Permasalahan ini dapat dikelompokkan menjadi dua bagian besar, yaitu verifikasi wajah dan identifikasi wajah. Pada verifikasi wajah, orang yang berhasil diotentifikasi disebut dengan client, sedangakan yang tidak berhasil, disebut impostor. Sedangkan dalam identifikasi wajah, berkaitan tentang sebuah subjek wajah, baik yang dikenal ataupun yang tidak dikenal, pada basis data wajah. Dalam pengenalan wajah, terdapat 2 variabilitas. Yaitu varibilitas extrapersonal dan intrapersonal. Variabilitas ekstra-personal timbul karena proses pengenalan wajah dilakukan pada wajah yang sangat berbeda, karena perbedaan ras dan genetika.Variabilitas intra-personal adalah variasi yang muncul pada wajah yang sama dimana hal ini disebabkan oleh perubahan-perubahan internal. Beberapa faktor intra-personal adalah :
       a.       Posisi wajah
       b.      Keberadaan komponen struktural
       c.       Ekspresi wajah
       d.      Oklusi (benda yang menghalangi wajah)
       e.       Orientasi citra
       f.       Kondisi pencitraan Langkah-langkah generik dari sebuah sistem pengenalan wajah adalah sebagai berikut :
1.      Deteksi Wajah Proses ini dilakukan untuk menemukan posisi wajah dalam sebuah citra. Citra wajah yang ditemukan akan dilokalisir dan diekstraksi dari latar belakangnya.
2.      Ekstraksi Ciri Masukan pada proses ini adalah wajah tunggal tanpa latar belakang
3.      Klasifikasi Pada tahap ini, dilakukan pencocokan data wajah dengan data wajah yang ada pada database wajah.
Dalam ide saya, akan dibuat suatu proses pengenalan wajah yang berguna pada absensi di kelas.
Proses ini membutuhkan database mahasiswa yang memang memiliki jadwal kuliah pada jam tersebut.
Sistem ini membutuhkan kamera. Kamera nantinya akan diletakkan di depan kelas, dimana kamera dapat menangkap seluruh suasana isi kelas.
Ketika kamera menangkap seluruh wajah yang ada di dalam kelas, program akan mengklasifikasi wajah satuper satu. Sesuai dengan database yang ada. Database yang terdapat disini, adalah nama dan NIM  mahasiswa.
Ketika program menemukan wajah yang sesuai dengan database absensi, maka dengan sendirinya, NIM yang teridentifikasi akan dinyatakan hadir pada perkuliahan tersebut.
Beberapa camera di ponsel atau kamera digital, juga sudah bisa mendeteksi mana bentuk wajah, mana yang bukan wajah, dengan mengenali beberapa ciri umum wajah, seperti dua mata, hidung, mulut dan telinga. Ketika kamera mengenali bentuk umum wajah, program akan mengurungi wajah dengan sebuah kotak putih,sebagai tanda bahwa bentuk itu dikenali sebagai wajah, yang selanjutnya pada program ini akan dihubungkan dengan data base mahasiswa.
Jika program ini berjalan baik dan akurat, akan sangat menguntungkan. Karena akan mengurangi tingkat kebohongan mahasiswa dalam titip absen.
Mahasiswa yang tidak teridentifikasi, akan langsung dinyatakan tidak hadir pada perkuliahan tersebut.
Penangkapan gambar pada kamera ini dapat dilakukan saat pertengahan perkuliahan, dimana seluruh mahasiswa yang datang pada saat itu memang sudah lengkap.

Tugas 2 bidang SI:
Pemanfaatan Sistem Informasi geografi untuk kehidupan sehari-hari
Manfaat SIG (Sistem Informasi Geografis) di berbagai bidang
Seringkali kita menganggap bahwa Sistem Informasi Geografis (SIG) hanya sekedar peta. Padahal banyak manfaat dari pengembangan ilmu pengetahuan ini dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti:
1. Manajemen Tata Guna Lahan
Pemanfaatan dan penggunaan lahan merupakan bagian kajian geografi yang perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan dari berbagai segi. Tujuannya adalah untuk menentukan zonifikasi lahan yang sesuai dengan karakteristik lahan yang ada. Misalnya, wilayah pemanfaatan lahan di kota biasanya dibagi menjadi daerah pemukiman, industri, perdagangan, perkantoran, fasilitas umum,dan jalur hijau. SIG dapat membantu pembuatan perencanaan masing-masing wilayah tersebut dan hasilnya dapat digunakan sebagai acuan untuk pembangunanutilitas-utilitas yang diperlukan. Lokasi dari utilitas-utilitas yang akan dibangun di daerah perkotaan (urban) perlu dipertimbangkan agar efektif dan tidak melanggar kriteria-kriteria tertentuyang bisa menyebabkan ketidakselarasan. Contohnya, pembangunan tempat sampah. Kriteria-kriteria yang bisa dijadikan parameter antara lain: di luar area pemukiman, berada dalam radius 10 meter dari genangan air, berjarak 5 meter dari jalan raya, dan sebagainya. Dengan kemampuan SIG yang bisa memetakan apa yang ada di luar dan di dalam suatu area, kriteria-kriteriaini nanti digabungkan sehingga memunculkan irisan daerah yang tidak sesuai, agak sesuai, dan sangat sesuai dengan seluruh kriteria. Di daerah pedesaan (rural) manajemen tata guna lahan lebih banyak mengarah ke sektor pertanian. Dengan terpetakannya curah hujan, iklim, kondisitanah, ketinggian, dan keadaan alam, akan membantu penentuan lokasi tanaman, pupuk yang dipakai, dan bagaimana proses pengolahan lahannya. Pembangunan saluran irigasi agar dapat merata dan minimal biayanya dapat dibantu dengan peta sawah ladang, peta pemukiman penduduk, ketinggian masing-masing tempat dan peta kondisi tanah. Penentuan lokasi gudang dan pemasaran hasil pertanian dapat terbantu dengan memanfaatkan peta produksi pangan, penyebarankonsumen, dan peta jaringan transportasi. Selain untuk manajemen pemanfaatan lahan, SIG juga dapat membantu dalam hal penataan ruang. Tujuannya adalah agar penentuan pola pemanfaatan ruang disesuaikan dengan kondisi fisik dan sosial yang ada, sehingga lebih efektif dan efisien. Misalnya penataan ruang perkotaan, pedesaan, permukiman,kawasan industri, dan lainnya.
2. Inventarisasi Sumber Daya Alam
Secara sederhana manfaat SIG dalam data kekayaan sumber daya alamialah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam, misalnya minyak bumi, batubara, emas, besi dan barang tambang lainnya.
- Untuk mengetahui persebaran kawasan lahan, misalnya:
o Kawasan lahan potensial dan lahan kritis;
o Kawasan hutan yang masih baik dan hutan rusak;
o Kawasan lahan pertanian dan perkebunan;
o Pemanfaatan perubahan penggunaan lahan;
o Rehabilitasi dan konservasi lahan.
3. Untuk pengawasan daerah bencana alam
Kemampuan SIG untuk pengawasan daerah bencana alam, misalnya:
- Memantau luas wilayah bencana alam;
- Pencegahan terjadinya bencana alam pada masa datang;
- Menyusun rencana-rencana pembangunan kembali daerah bencana;
- Penentuan tingkat bahaya erosi;
- Prediksi ketinggian banjir;
- Prediksi tingkat kekeringan.
4. Bidang sosial
Selain dalam inventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pola pembangunan, SIG juga dapat dimanfaatkan dalam bidang sosial. Dalam bidangsosial SIG dapat dimanfaatkan pada hal-hal berikut:
- Mengetahui potensi dan persebaran penduduk.
- Mengetahui luas dan persebaran lahan pertanian serta kemungkinan pola drainasenya.
- Untuk pendataan dan pengembangan jaringan transportasi.
- Untuk pendataan dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan dan pembangunan.
- Untuk pendataan dan pengembangan permukiman penduduk, kawasan industri, sekolah, rumah sakit, sarana hiburan dan rekreasi serta perkantoran.

Tugas 3 bidang SI:
Game sebagai alat pembelajaran dan terapi alternatif di masa depan
Game Sebagai Media Belajar Menyenangkan

Game sering dipandang sebagai hal yang negatif bagi perkembangan anak. Padahal, menurut pengalamanku sebagai pecinta game (gamers), game merupakan salah satu cara paling efektif untuk memasukkan dan memperkenalkan beragam pengetahuan kepada anak.
Game bisa menjadi alat ampuh untuk membuat anak menyukai sesuatu, membangun logika berfikirnya, melatih mental perjuangan serta kesabarannya, mengembangkan kemampuan manajemennya, bahkan beberapa game mulai melibatkan kegiatan dan gerakan fisik dalam menjalankannya sehingga meningkatkan koordinasi seluruh tubuhnya.
Di era kemajuan teknologi seperti ini, keahlian dalam game (baik sebagai pembuat maupun pemakai) kini bisa menjadi sumber mata pencaharian yang cukup menjanjikan.

Bermain Video Game: Merusak atau Bermanfaat?

Berikut terdapat beberapa studi yang meneliti tentang benefit dari bermain video game : 
·         Video game sebagai olahraga bagi otak Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jerman oleh Simone Kühn, ditemukan bahwa bermain video game ‘Mario’ dapat meningkatkan serta melatih otak. Lebih spesifiknya yaitu pada skill navigasi, ingatan, perencanaan strategis, dan juga keahlian motoric pada tangan pemain. Aktivitas tersebut juga dapat menjadi sebuah terapi bagi penderita kelainan mental yang menyebabkan mengecilnya otak seperti schizophrenia, stress traumatis, penyakit Alzheimer’s, dan lain-lain. 
·         Video game dapat meningkatkan inteligensi Sedangkan peneliti di Queen Mary University of London, menemukan bahwa game strategi seperti ‘Starcraft’ dapat meningkatkan fleksibilitas otak yang mengarah pada inteligensi pemain itu sendiri. Pemain-pemain tersebut mengalami peningkatan performa pada tes psikologi, kemampuan kognitif, dll.
·         Video game melatih kita untuk berpikir lebih kritis dan kreatif Berdasarkan Dr. Alan Weiss, video game dapat mengajarkan pemain berpikir lebih kritis. Video game membantu menstimulus otak agar dapat memunculkan solusi-solusi yang revolusioner dan kreatif. Hal tersebut dikarenakan video game sekarang yang sudah sangat bervariasi dan unik, sehingga memerlukan usaha-usaha kreatif dari pemainnya untuk memecahkan masalah dalam game itu sendiri. 
·         Video game dapat memperlambat proses penuaanSelain itu, bermain video game pengasah otak selama 2 jam dalam seminggu membantu memperlambat kondisi mental yang berkaitan dengan proses penuaan. Studi yang dilakukan terhadap 681 individu berumur 50 atau lebih menunjukkan bahwa bermain video game selama 10 jam dapat mengurangi penurunan kemampuan kognitif hingga 7 tahun. 
·         Video game dapat meningkatkan penglihatan Studi di Universitas Rochester menemukan bahwa video game bergenre first-person-shooter seperti ‘Call of Duty’ dan ‘Halo’ secara tidak sadar meningkatkan penglihatan pemainnya. Peneliti percaya bahwa saat kita bermain, kita akan berusaha menganalisis lokasi dan berusaha mencari musuh, dan hal ini melatih kemampuan penglihatan kita. 
·         Video game membantu penderita disleksia untuk membaca Penelitian di Itali menemukan bahwa bermain video game action yang mendebarkan juga dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak penderita disleksia. Disleksia ialah ketidakmampuan seseorang untuk belajar yang diakibatkan rendahnya kemampuan membaca. Peneliti merasa video game action membantu anak-anak meningkatkan perhatian mereka yang di mana hal tersebut krusial bagi kemampuan membaca. 
·         Video game mengurangi kegelisahan serta rasa sakit Pada tahun 2010, peneliti di American Pain Society menemukan bahwa video game yang berpusat pada virtual reality terbukti efektif untuk mengurangi gelisah dan rasa sakit akibat prosedur medis maupun penyakit kronis. Game-game tersebut dapat mengurangi stress dan rasa takut. Hal tersebut berkaitan dengan fisiologi tubuh kita sendiri. Pada saat kita bermain video game, otak kita akan memproduksi hormon endorphin yang berasosiasi dengan kebahagiaan dan suka. 
·         Video game membantu proses pemulihan bagi penderita struk Bagi para penderita struk, peneliti dari Tel Aviv University menemukan bahwa video game sangat berdampak terhadap proses pemulihan penderita struk. Video game membantu penderita struk dalam pemulihan pergerakan maupun pemulihan dalam kemampuan berbicara. Video game juga menyediakan alternatif terapi yang terarah, tidak repetitif, asik, dan seru, sehingga penderita struk yang sedang dalam proses pemulihan akan lebih berkomitmen lagi sepenuhnya untuk proses pemulihan yang mengasikkan tersebut. Akan tetapi, di balik semua manfaat tersebut, bermain video game juga dapat berakibat fatal bagi diri kita apabila dilakukan secara berlebihan. Aktivitas bermain video game tersebut dapat menyebabkan pemainnya menjadi ketagihan. Dan hal ini akan menjadi masalah jika sudah terjadi. Gamer yang ketagihan bisa jadi akan cenderung menghabiskan waktunya untuk bermain video game. Hal ini sangatlah tidak produktif, karena gamer bisa terus bermain hingga melupakan kewajiban-kewajibannya sendiri. Selain itu, bermain video game berlama-lama juga sangat mengurangi aktivitas fisik pemainnya. Hal ini akan berdampak sangat buruk terhadap kesehatan, karena pemain akan cenderung duduk atau berbaring seharian hanya untuk bermain video game. Jika hal ini terus berkelanjutan, maka akan berujung pada masalah-masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, kemalasan, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Untuk itu, para gamer juga harus lebih bijaksana dalam bermain video game. Pada batasan-batasan tertentu, bermain video game dapat memberikan manfaat bagi pemainnya. Namun jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan akan berakibat buruk bagi diri sendiri.

 Tugas 4 bidang SI:
Perbedaan sistem game modern : occulus rift, leaf motion, intel real sense technology, smart terrain vuforia
1. Oculus Rift
Oculus Rift adalah alat virtual reality yang mampu membuat user seakan benar-benar berada dalam ruang virtual (immersive virtual experience). Alat ini langsung menyita perhatian banyak pihak ketika pertama kali dirilis di Kickstarter. Di CES 2014, mereka sudah melakukan upgrade dengan penambahan fitur positional tracking dan display low persistant.
Oculus membuat SDK (Software Development Kit) yang akan membantu para pengembang untuk mengintegrasikan game mereka dengan perangkat Oculus. Sebelum diperkenalkan lewat Kickstarter, John D. Carmack, seorang programmer game yang juga pendiri id Software, tertarik dengan purwarupa Oculus Rift yang sempat didemokan padanya. Dan tidak lama kemudian, John mengumumkan bahwa game mereka yaitu Doom 3: BFG Edition akan dirancang ulang agar bisa dimainkan melalui perangkat tersebut. Game ini pun langsung dijadikan sebagai game resmi pertama yang mendukung Oculus serta menjadi game yang didemokan saat Oculus ditampilkan di Kickstarter. Meski sebenarnya, game pertama yang dimainkan di Oculus adalah Fortress 2. John D. Carmack yang getol akan Oculus ternyata tidak sejalan dengan id Software sehingga ia keluar dari sana dan kini menjadi CTO Oculus. Dengan makin banyaknya pengembang yang tertarik bergabung, kini sudah banyak game yang dihadirkan bagi Oculust Rift.
(https://www.facebook.com/FusiIndonesia/posts/647470751983003)

2. Leap Motion
Penggunaan Leap Motion ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol komputer tanpa menyentuhnya, cukup menggerakan jaridi depan sensor Leap Motion.

Seperti yang dikutip dari VentureBeat, Andadapat melakukan presentasi dengan gerakan jari, pindah dari satu slide ke slidelain hanya dengan jentikan jari, canggih bukan?

Leap Motion ini dikembangkan oleh David Holz dan Michael Buckwald. Mereka mengembangkan perangkat mirip Microsoft Kinect namundiklaim memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi. Tujuan David Holz dan Michael Buckwald adalahmenggantikan fungsi keyboard dan mouse dan memungkinkan pengguna menjelajahikomputer hanya dengan gerakan jari.

Cara kerja Leap Motion adalah dengan menciptakan ruang 4 kaki kubik interaktif yang mampu mendeteksi jari, tangandan gerakan lengan.

Teknologi Leap Motion memang serupadengan Kinect, namun Leap Motion ini jauh lebih canggih dan akurat hal inikarena perbedaan metode kerja yang digunakan Kinect dengan Leap Motion.

David Holz dan Michael Buckwald mengatakanbahwa Leap Motion adalah suatu lompatan teknologi yang menguntungkan bagisistem komputer dan sistem operasi. Apa yang bisa dilakukan oleh mouse, LeapMotion dapat lakukan.

Di kantor pusat Leap Motion, terdapat beberapademo teknologi Leap Motion berupa game Fruit Ninja yang dimainkanmenggunakan Leap Motion.

Saat ini Leap Motion menerima pre-ordermulai hari senin (21/05/2012) dengan harga sekitar $69 atau sekitar 600 ribuan.

Leap Motion juga menyediakan SoftwareDevelopment Kit (SDK) untuk membantu pengembang menciptakan aplikasi atau gameberbasis Leap Motion.
(http://lompat-atap.blogspot.com/2013/03/leap-motion-kontrol-komputer-dengan.html)

3.  Intel RealSense Tech, teknologi yang akan mengubah manusia berinteraksi dengan devicenya. Yaitu kita dapat menggunakan gagdet dengan gesture control dan 3D scanning, tanpa sentuhan ke layar lagi. Hebat! Teknologi ini akan mendeteksi gerakan serta wajah kita dengan sensor yang dimilikinya. Para Developer dapat join IoT Developer Program untuk dapat memesan 3D Camera, hardware dari teknologi hebat ini. Kemudian ada salah satu developer Indonesia yang berasal dari Bandung menunjukkan game buatannya yang menggunakan teknologi Intel RealSense ini. Dia membuat game bertema angkot yang akan berjalan jika kita memberi instruksi suara dengan "Ngeeeeng" dan instruksi tangan untuk mengendalikan angkotnya. Game ini pun langsung mendapatkan apresiasi yang meriah dari audiens. Lalu Intel melaunching Idojo atau Indonesian Developer Journey sebagai program untuk mendukung developer lokal Indonesia.

4. Smart Terrain Vuforia adalah kemampuan rekonstruksi 3D baru yang membawa pengalaman interaktivitas untuk augmented reality (AR) ke level yang lebih seru. Aplikasi yang didukung oleh Smart Terrain ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan ruang bermain mereka sendiri di mana karakter permainan dapat berinteraksi dengan dunia nyata dengan cara yang belum pernah dialami sebelumnya; karakter dapat melakukan navigasi pada sekitar, berbenturan dengan dan melompati bendabenda di lingkungan pengguna.Teknologi ini merupakan terobosan besar bagi pengalaman AR, membawa interaktivitas dan keaslian kepada pengguna ke tingkat yang baru.

Tugas Sunnah bidang SI :
Otto Cornelis Kaligis adalah pengacara yang lahir pada tanggal 19 Juni 1942 di Ujung Pandang Makassar.Pengalaman menangani kasus di Indonesia sudah sangat banyak. Terutama untuk kalangan artis, selebritis, pejabat, dan kasus yang menyedot perhatian banyak orang.
Sebagai pengacara yang bergerak di bidang penegakan hukum dan keadilan, OC Kaligis telah memiliki pengalaman dalam beragam kasus, di antaranya adalah mengenai buruh pabrik, kuli bangunan, sopir PPD, dan rakyat miskin lainnya. Dalam satu kasus, dia juga pernah membela seorang residivis yang ditembak polisi, Sudarto, tanpa bayaran. Tapi ia juga mendampingi artis Ida Iasha, Lidya KandouOnky AlexanderNike Ardilla, dan Zarima. Selain itu, dia juga pernah membela sejumlah pejabat dan mantan presiden, di antaranya adalah Samadikun Hartono, HM Soeharto dan BJ Habibie.
Dalam kasus pembelaan terhadap 35 orang sopir PPD yang menuntut pembayaran dana pensiun, OC Kaligis mengalami kekalahan di Mahkamah Agung. Sebagai aksi protes terhadap putusan tersebut, dia membayar sendiri 'uang pensiun' ke-35 kliennya hingga mereka meninggal dunia. Salah satunya untuk menentang bentuk ketidakadilan adalah dengan cara menulis surat pembaca, baik disurat kabar maupun majalah.
Usai meraih gelar sarjana hukum di Universitas Parahyangan Bandung, Kaligis langsung magang menjadi asisten notaris Tumbunan yang berkantor di Jalan Pegangsaan, dari status magang, dan kemudian menjadi asisten notaris. Ia juga sempat menjadi pengacara dari Farhat Abbas
Kasus besar yang ditangani OC Kaligis
Skandal video porno mirip artis Ariel PeterpanLuna Maya, dan Cut Tari
1.     Pencemaran nama baik RS Omni Tangerang dengan terdakwa Prita Mulyasari
2.     Kasus suap wisma Atlet Muhammad Nazaruddin, anggota DPR RI dari Partai Demokrat
Pendidikan
SMP dan SMA di St. Petrus Claver, Makasar (1955-1961).
1.     Fakultas Hukum, Universitas Parahyangan Bandung (1961-1966).
2.     Pendidikan Ketrampilan Kenokatariatan, Universitas Indonesia (1968).
3.     Fakultas Filosofi Universitas Rheinish Westfalische Technische Hochschule (RWTH), Jerman (1972-1975).
4.     Doktor Ilmu Hukum, Universitas Padjadjaran (2009).
Karier di luar Pengacara
Anggota fungsionaris Golkar (1986-sekarang).
1.     Anggota Asosiasi Advokat Indonesia (1988-sekarang).
2.     Anggota Mondiale De la Presse Diplomatique (1988-sekarang).
3.     Pejabat di Lembaga Bantuan Hukum Kosgoro (1999-sekarang).
4.     Dosen tamu pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia , Fakultas Hukum Universitas Airlangga dan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia.
 Karya
Pembawa makalah pada Asia Foundation di Kuala Lumpur "Judiciary System and Procedures Settlement of Civil Law Suits in Indonesia (1984).
1.     Pembawa makalah di depan Alumni Mahasiswa Jerman di Jakarta "How To Invest Your capital In Indonesia" (1988).
2.     Menulis buku "Praperadilan dalam Praktek" dan "Praperadilan dalam Kenyataan", "Praktek-praktek Peradilan Tata Usaha Negara (I-III)", "Terminal Hukum O.C. Kaligis", "Pertarungan David Vs Goliath", "Cross-Examination (The case of Hendra Rahardja)", "Otopsi Pra-Dakwaan Kasus Bank Bali"
Penangkapan
Pada 14 Juli 2015, ia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Penetapan tersebut terkait kasus dugaan suap hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) diMedanSumatera Utara. Sebelumnya KPK telah meminta Dirjen Imigrasi melakukan pencegahan ke luar negeri atas nama OC Kaligis.

4 Tugas Bidang Lain:

Tugas 1 Bidang Lain:
Masa depan pesepakbolaan Indonesia
Indonesia diambang sanksi FIFA. Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti memastikan posisi otoritas sepak bola dunia itu tetap pada keputusan mereka yang telah disampaikan melalui suratnya kepada PSSI, bahwa FIFA akan menjatuhkan sanksi suspensi terhadap sepakbola Indonesia.
Masa depan sepak bola Indonesia kini di ujung tanduk karena Menpora masih bersikukuh dengan sikapnya. Sehingga penjatuhan sanksi FIFA semakin menjadi keniscayaan seiring batas waktu yang diberikan FIFA hingga tanggal 29 Mei 2015.
FIFA menyatakan, mereka akan mencabut sanksi dan memulihkan keanggotaan PSSI apabila Indonesia memenuhi sejumlah syarat, diantaranya PSSI kembali diberi wewenang untuk mengelola urusannya secara independen.
Menurut pengamat sepak bola Andi Bachtiar Yusuf, pernyataan FIFA itu berarti Kemenpora harus mengoreksi surat keputusan pembekuan PSSI pimpinan La Nyalla.
Indonesia adalah negara ke-12 yang dijatuhi sanksi FIFA, akibat konfilik PSSI dan Kemenpora. FIFA menjatuhi sanksi kepada Indonesia tanggal 30 Mei 2015 hingga batas waktu yang belum ditentukan.
Sanksi yang diberikan FIFA pun mengakibatkan Indonesia tidak bisa bertanding di seluruh turnamen Internasional. Ditambah, bantuan dana, program, atau kursus dari FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia pun dihentikan.
(http://soccer.sindonews.com/read/1006384/58/fifa-bergeming-masa-depan-sepak-bola-indonesia-di-ujung-tanduk-1432799718)

Tugas 2 Bidang Lain:
Dana aliran aspirasi DPR
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Usulan dana aspirasi Rp 15 Milliar yang diajukan oleh Partai Golkar tidak ada dasar hukumnya dan melanggar undang-undang. Tidak hanya itu, program tersebut juga melanggar tata cara urutan pembahasan APBN.
"Undang-undang Nomor 17 Tentang Keuangan Negara, pengguna anggaran adalah pemerintah bukan DPR, dan ini ada tahapan,dan disitu masuk dibahas, dan dikelola oleh Bappenas,"ujar Anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Laurens Bahang Dama saat acara diskusi Polemik di Warung Daun. Jakarta, Sabtu (19/6/2010).
Selain itu, menurut Laurens pada bunyi Undang-undang Nomor 27 Tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD anggota dewan harusnya melakukan pengawasan bukan pengguna  anggaran.
"Bagaimana fungsi DPR di situ, DPR bukan sebagai pengguna hanya pengawasan, ini saja sudah bertentangan, " jelasnya.
Dalam siklus pembahasan APBN juga dilanggar dan tidak sesuai dengan Undang-undang.
"Pertama, kebijakan fiskal dan makro ekonomi dibahas dulu, baru menjadi PAGU inisiatif sementara, kemudian RAPBN dan di situ sudah masuk. Dari situlah dibahas di DPR, Undang-undang APBN, November PAGU, Desember itu bahas DIPA, itu seharusnya yang dilakukan dulu, jangan langsung mengusulkan, " tandasnya.
Fraksi Golkar Dewan Perwakilan Rakyat tetap menginginkan agar program alokasi anggaran Rp 15 Miliar per daerah pemilihan dilakukan menyatakan bahwa program tersebut adalah untuk keadilan dan pemerataan pembangunan bagi penduduk di daerah.
Dana program ini dicanangkan masuk APBN untuk menyantuni wilayah terpencil yang selama ini tidak tersentuh oleh APBN ataupun APBD. Presiden SBY sendiri saat berada di Cipanas, Jawa Barat menyiratkan tidak setuju atas usulan tersebut.
(http://www.tribunnews.com/nasional/2010/06/19/laurens-dana-aspirasi-langgar-undang-undang)

Menurut saya dalam berita ini. pihak anggota DPR sangat bertele-tele dan tidak tegas dengan alasan ada nya dana aspirasi sebesar Rp. 15 milyar, ini tentu saja sangat merugikan banyak pihak di Indonesia, seharusnya untuk dana bagi anggota DPR RI, tidak perlu sebesar itu, karena dana nya dapat digunakan untuk penggunaan fasilitas umum di Indonesia yang sangat buruk dan masih banyak hal lain yanh harus menjadi prioritas utama.

Tugas 3 Bidang Lain:
Adanya GOJEK di kalangan masyarakat luas
Menurut saya go-jek adalah layanan ojek yang sudah level up karena sudah turut serta masuk ke fitur aplikasi smartphone dimana kita pemilik smartphone dapat melakukan booking ojek secara online. Tak hanya layanan antar ojek (transport) saja, tapi go-jek juga menyediakan layanan kurir untuk pengiriman atau penjemputan barang (instant courier), dan juga layanan bantuan dari driver go-jek untuk membelanjakan keperluan seperti makanan, obat ataupun ticket dengan catatan tak melebihi IDR 1.000K (shopping)
Menurut GO-JEK, ada beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan ketika menggunakan layanan go-jek yaitu :
1. Nikmati semua pengantaran dan pembelian secara instan.
2. Kamu juga dapat memasukkan contact temanmu, apabila dia adalah sender atau receiver (belum pernah coba yang ini).
3. Pembayaran yang transparant.
4. Pelayanan door to door yang tercepat.
5. Kita dapat menghubungi para driver dan melacak keberadaan item yang kita pesan.
6. Dapatkan notifikasi mengenai antaran yang kita lakukan.
Mengutip kembali judul pada postingan ini, GO-JEK Mudah? Nyaman? Murah? Maka jawaban saya adalah cukup mudah, nyaman dan relatif murah. Untuk mempermudah penjelasan mengenai jawaban saya, akan saya jelaskan terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan layanan go-jek 
Kita tinggal mendownload aplikasi GO-JEK yang sudah tersedia di store setiap smartphone, kemudian setelah membuka aplikasinya, kita tinggal memilih tempat tujuan atau destinasi, lalu akan muncul harga yang akan dibayarkan. Harga disesuaikan dengan jarak yang ditempuh.
Menurut saya, GO-JEK adalah layanan antar jemput yang cepat dan aman karena sudah terjamin dari organisasinya.


Tugas 4 Bidang Lain:
Misteri Kematian Angeline
Kasus hilangnya bocah 8 tahun Angeline telah terungkap, bukannya hilang tetapi anak malang tersebut telah dibunuh oleh pembantu ibu tirinya yang berinisial AT, sebelum nyawa korban dihabisi pembantu berinisial AT itu telah mencoba beberapa kali untuk menodai keperawanan Angeline tetapi selalu saja upayanya gagal, dan pada 16 mei 2015 kejahatan pria berinisial AT tersebut yang tidak lazim itu dilaksanakannya yaitu membunuh Angeline dengan membenturkan kepalanya ketembok hingga Angeline pun meninggal, dan setelah Angeline meninggal pembantu sekaligus pengaman rumah yang ditempati Angeline itu menyetubuhi bocah malang tersebut.
Sebelum terungkapnya kasus yang dikabarkan melibatkan ibu tiri Angeline tersebut, bocah 8 tahun tersebut dikabarkan oleh ibu tirinya menghilang, dan membuat pengumuman dimedia social bahwa siapa saja yang dapat menemukannya akan diberi imbalan 40 juta rupiah, disini siti sapurah yaitu pendamping hukum pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak (p2tp2a) yang sejak awal kasus hilangnya Angeline hingga terungkapnya pembunuhan terus menyelidiki kasus ini, dia merasa banyak kejanggalan yang diungkapkan oleh ibu tirinya itu.
Salah satunya adalah saat ibu tirinya yang berkata bahwa Angeline hilang saat dia sedang berada di halaman rumah saat ingin menenui pembantunya, kedua adalah mengapa ibu tirinya tersebut tidak langsung melapor kepada polisi tetapi malah melalui media social, terungkapnya kasus pembunuhan tersebut, membuat Siti merasa hal ini adalah sesuatu yang sudah direncanakan dengan rapi oleh tersangka dan ibu tirinya itu.
Terungkapnya kasus ini juga dikarenakan Siti melaporkan kejadian tersebut kepada mentri perlindungan anak, dan langsung polisi menggeledah rumah ibu tirinya tersebut hingga polisipun menemukan bau yang sangat menyengat didekat kandang ayam miliknya, kemudian setelah diselidiki lebih lanjut memang benar bau tersebut ternyata berasal dari tubuh Angeline yang sudah kaku yang dikubur dekat halamanya, dari hal tersebut Siti mengungkapkan ibu tirinya juga terlibat dalam kasus pembunuhan tersebut, karena mana mungkin ibu tirinya tidak tahu tentang bau yang menyengat tersebut padahal bau tersebut bisa sampai kedalam rumah.
Dalam reka adegan si pelaku kejahatan memperagakan semua kejadian demi kejadian berlangsungnya pembunuhan biadab tersebut kepada polisi, meski pelaku pembunuhan dikawal ketat oleh polisi dari amukan masa yang melihatnya, dan pria berinisial AT mengatakan menyesal telah berbuat seperti itu, tetapi beras sudah menjadi bubur pembantu berinisial AT tersbut harus menerima hukuman yang setimpal-timpalnya kalau perlu hukuman seumur hidup dan membusuk dipenjara, karena jika hukuman mati dia dan kita tidak akan bisa melihat betapa berat kejahatan yang dilakukannya.
Namun, dalam beberapa waktu terakhir AT selalu memberikan keterangan yang berubah-ubah sehingga membuat pihak kepolisian bingung, namun setelah dites dengan alat kebohongan, banyak hal yang didapatkan oleh pihak kepolisian. Saat di tanya, AT memberikan keterangan bahwa Ia dipaksa memberikan keterangan palsu kepada pihak kepolisian bahwa ia lah yang membunuh dan memperkosa Angeline hingga tewas, agar AT mendapatkan bayaran sebesar Rp 200 juta.
Hal menjadi semakin janggal dengan ditemukannya bercak darah di kamar Ibu Tiri Angeline, namun Ibu Tiri Angeline memberikan keterangan bahwa bercak dara tersebut adalah bercak darah kucing. Menurut saya ini adalah hal yang sangat tidak mungkin, apalagi 2 menteri Bali yang ditolak kedatangannya oleh Ibu Tiri Angeline. Ibu Tiri Angeline sangat menutup diri dari media TV dan lain-lain, setiap didatangi dirinya menolak. Tidak mungkin Ia menolak jika bukan pembunuhnya, karena Ia sangat takut dan merasa tidak bisa memberikan penjelasan.

Tugas Sunnah Bidang Lain:

Badrodin Haiti

Jenderal Polisi Drs. Badrodin Haiti (lahir di Paleran, Umbulsari, Jember, Jawa Timur, 24 Juli 1958; umur 57 tahun) adalah Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang menjabat sejak 17 April 2015, sejak Presiden Joko Widodo memberhentikan dengan hormat Jenderal Polisi Sutarman sebagai Kapolri pada tanggal 16 Januari 2015.Pada 18 Februari 2015, ia diajukan sebagai calon tunggal Kapolri, menyusul keputusan Presiden Jokowi untuk tidak melantik Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri. Pada tanggal16 Januari 2015 hingga 17 April 2015, Badrodin ditunjuk Presiden Jokowi menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kapolri yang melaksanakan tugas sehari-hari Kapolri hingga pelantikan Kapolri definitif dilaksanakan.
Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), dan sebelum itu mengemban tugas sebagai Kabaharkam Mabes Polri, dimana ia dikenal karena kesederhanaan, integritas, ketegasannya, dari 2 Agustus 2013 hingga pengangkatannya sebagai Wakapolri pada 27 Februari 2014.

Riwayat hidup

Badrodin merupakan alumnus terbaik Akpol 1982 (meraih Adhi Makayasa) yang pernah menjabat Kapolda Banten, Kapolda Sulawesi Tengah dan Kapolda Sumatera Utara. Dia beristri satu dengan dua orang putera. Setelah menjabat Kapolda Jatim sekitar tujuh bulan, dia ditarik ke Mabes Polri dan menjabat Koorsahli Kapolri.
Badrodin menjadi orang nomor dua (Wakapolri) di Korps Bhayangkara menggantikan seniornya, Komjen. Pol. Drs. Oegroseno yang pensiun. Pengangkatan Badrodin diumumkan sendiri oleh Kapolri Jend. Pol. Sutarman.
Pada 16 Januari 2015 malam, Badrodin ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi pelaksana tugas (Plt.) Kapolri menggantikanSutarman yang resmi diberhentikan dan selagi menunggu pelantikan Kapolri terpilih Budi Gunawan yang dijadikan tersangka oleh Ketua KPK Abraham Samad dan kini menjalani proses pra-peradilan.
Pada 18 Februari 2015, ia akhirnya resmi diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Budi Gunawan yang telah menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat dan pada 17 April 2015 Badrodin akhirnya resmi dilantik Presiden Jokowi sebagai Kapolri definitif setelah sehari sebelumnya DPR menyetujui pencalonannya sebagai Kapolri.

 

Kontroversi

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyesalkan penunjukkan Badrodin Haiti sebagai Wakapolri menggantikan Oegroseno. Hal ini karena mereka menyebut adanya indikasi Badrodin terkait pelanggaran HAM di Poso tahun 2007.

Riwayat Pendidikan  Akpol (1982)

·         PTIK (1989)
·         Sespim (1998)
·         Lemhanas RI (2003)

TMT Kepangkatan

·         Inspektur Polisi Dua (1982)
·         Inspektur Polisi Satu (1984)
·         Ajun Komisaris Polisi (1987)
·         Komisaris Polisi (1993)
·         Ajun Komisaris Besar Polisi (1997)
·         Komisaris Besar Polisi (2001)
·         Brigadir Jenderal Polisi (2006)
·         Inspektur Jenderal Polisi (2009)
·         Komisaris Jenderal Polisi (2013)
·         Jenderal Polisi (2015)

Riwayat jabatan Danton Sabhara Dit Samapta Polda Metro Jaya (1982)

·         Kasubro Ops Polres Metro Depok Polda Metro Jaya (1983)
·         Kapolsek Pancoran Mas Polres Metro Depok Polda Metro Jaya (1983)
·         Kabin Info PPKO Polda Metro Jaya (1984)
·         Kabag Min Polres Aileu Polwil Timor Timur (1985)
·         Kasat Serse Polres Metro Bekasi Polda Metro Jaya (1990)
·         Kapolsek Metro Sawah Besar Polres Metro Jakpus Polda Metro Jaya (1993)
·         Kasat Serse Polres Metro Jakarta Barat Polda Metro Jaya (1994)
·         Wakapolres Metro Jakarta Timur Polda Metro Jaya (1995)
·         Pabungkol Spri Kapolri (1996)
·         Pamen Mabes Polri (1997)
·         Paban Madya Dukminops Paban II/Ops Sops Polri (1998)
·         Kapolres Probolinggo Polwil Malang Polda Jawa Timur (1999)
·         Kapoltabes Medan (2000)
·         Direskrim Polda Jawa Timur (2003)
·         Kapolwiltabes Semarang Polda Jawa Tengah (2004)
·         Kapolda Banten (2004)
·         Seslem Lemdiklat Polri (2005)
·         Kapolda Sulawesi Tengah (2006)
·         Dir I Bareskrim Polri (2008-2009)
·         Kapolda Sumatera Utara (2009-2010)
·         Kadivkum Polri (2010)
·         Kapolda Jawa Timur (2010-2011)
·         Sahli Kapolri (2011)
·         Asops Kapolri (2011-2013)
·         Kabaharkam (2013-2014)
·         Wakapolri (2014-2015)
·         Kapolri (17 April 2015-Sekarang)
Jabatan kepolisian
Didahului oleh:
Sutarman
Petahana
Didahului oleh:
Oegroseno
Diteruskan oleh:
Budi Gunawan
Diteruskan oleh:
Putut Eko Bayu Seno
Didahului oleh:
Pratiknyo
Kapolda Jawa Timur
2010–2011
Diteruskan oleh:
Untung Suharsono Radjab
Didahului oleh:
Nanan Soekarna
Diteruskan oleh:
Oegroseno
Didahului oleh:
Oegroseno
Diteruskan oleh:
Suparni Parto
Didahului oleh:
Abdurachman
Kapolda Banten
2004–2005
Diteruskan oleh:
Timur Pradopo