4
Tugas bidang SI
Tugas
1 bidang SI:
Sistem
face detector untuk daftar hadir mahasiswa
Deteksi Kehadiran Mahasiswa Menggunakan Face Recognition
Pengenalan wajah atau Face Recognition adalah sebuah
sistem identifikasi pribadi yang menggunakan karakteristik pribadi seseorang
(dalam hal ini wajah orang tersebut) untuk mengidentifikasikan identitas orang
tersebut. Permasalahan ini dapat dikelompokkan menjadi dua bagian besar, yaitu
verifikasi wajah dan identifikasi wajah. Pada verifikasi wajah, orang yang
berhasil diotentifikasi disebut dengan client, sedangakan yang tidak berhasil,
disebut impostor. Sedangkan dalam identifikasi wajah, berkaitan tentang sebuah
subjek wajah, baik yang dikenal ataupun yang tidak dikenal, pada basis data
wajah. Dalam pengenalan wajah, terdapat 2 variabilitas. Yaitu
varibilitas extrapersonal dan intrapersonal. Variabilitas ekstra-personal
timbul karena proses pengenalan wajah dilakukan pada wajah yang sangat berbeda,
karena perbedaan ras dan genetika.Variabilitas intra-personal adalah variasi
yang muncul pada wajah yang sama dimana hal ini disebabkan
oleh perubahan-perubahan internal. Beberapa faktor intra-personal adalah :
a. Posisi
wajah
b. Keberadaan
komponen struktural
c. Ekspresi
wajah
d. Oklusi
(benda yang menghalangi wajah)
e. Orientasi
citra
f. Kondisi
pencitraan Langkah-langkah generik dari sebuah sistem pengenalan wajah adalah
sebagai berikut :
1. Deteksi
Wajah Proses ini dilakukan untuk menemukan posisi wajah dalam sebuah citra. Citra
wajah yang ditemukan akan dilokalisir dan diekstraksi dari latar belakangnya.
2. Ekstraksi
Ciri Masukan pada proses ini adalah wajah tunggal tanpa latar belakang
3. Klasifikasi
Pada tahap ini, dilakukan pencocokan data wajah dengan data wajah yang ada pada
database wajah.
Dalam ide saya, akan dibuat suatu proses pengenalan
wajah yang berguna pada absensi di kelas.
Proses ini membutuhkan database mahasiswa yang
memang memiliki jadwal kuliah pada jam tersebut.
Sistem ini membutuhkan kamera. Kamera nantinya akan diletakkan
di depan kelas, dimana kamera dapat menangkap seluruh suasana isi kelas.
Ketika kamera menangkap seluruh wajah yang ada di
dalam kelas, program akan mengklasifikasi wajah satuper satu. Sesuai dengan
database yang ada. Database yang terdapat disini, adalah nama dan NIM mahasiswa.
Ketika program menemukan wajah yang sesuai dengan
database absensi, maka dengan sendirinya, NIM yang teridentifikasi akan
dinyatakan hadir pada perkuliahan tersebut.
Beberapa camera di ponsel atau kamera digital, juga
sudah bisa mendeteksi mana bentuk wajah, mana yang bukan wajah, dengan mengenali
beberapa ciri umum wajah, seperti dua mata, hidung, mulut dan telinga. Ketika
kamera mengenali bentuk umum wajah, program akan mengurungi wajah dengan sebuah
kotak putih,sebagai tanda bahwa bentuk itu dikenali sebagai wajah, yang
selanjutnya pada program ini akan dihubungkan dengan data base mahasiswa.
Jika program ini berjalan baik dan akurat, akan
sangat menguntungkan. Karena akan mengurangi tingkat kebohongan mahasiswa dalam
titip absen.
Mahasiswa yang tidak teridentifikasi, akan langsung
dinyatakan tidak hadir pada perkuliahan tersebut.
Penangkapan gambar pada kamera ini dapat dilakukan
saat pertengahan perkuliahan, dimana seluruh mahasiswa yang datang pada saat itu
memang sudah lengkap.
Tugas
2 bidang SI:
Pemanfaatan
Sistem Informasi geografi untuk kehidupan sehari-hari
Manfaat SIG (Sistem Informasi Geografis) di berbagai
bidang
Seringkali kita menganggap bahwa Sistem Informasi
Geografis (SIG) hanya sekedar peta. Padahal banyak manfaat dari pengembangan
ilmu pengetahuan ini dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti:
1. Manajemen Tata Guna Lahan
Pemanfaatan dan penggunaan lahan merupakan bagian kajian geografi yang perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan dari berbagai segi. Tujuannya adalah untuk menentukan zonifikasi lahan yang sesuai dengan karakteristik lahan yang ada. Misalnya, wilayah pemanfaatan lahan di kota biasanya dibagi menjadi daerah pemukiman, industri, perdagangan, perkantoran, fasilitas umum,dan jalur hijau. SIG dapat membantu pembuatan perencanaan masing-masing wilayah tersebut dan hasilnya dapat digunakan sebagai acuan untuk pembangunanutilitas-utilitas yang diperlukan. Lokasi dari utilitas-utilitas yang akan dibangun di daerah perkotaan (urban) perlu dipertimbangkan agar efektif dan tidak melanggar kriteria-kriteria tertentuyang bisa menyebabkan ketidakselarasan. Contohnya, pembangunan tempat sampah. Kriteria-kriteria yang bisa dijadikan parameter antara lain: di luar area pemukiman, berada dalam radius 10 meter dari genangan air, berjarak 5 meter dari jalan raya, dan sebagainya. Dengan kemampuan SIG yang bisa memetakan apa yang ada di luar dan di dalam suatu area, kriteria-kriteriaini nanti digabungkan sehingga memunculkan irisan daerah yang tidak sesuai, agak sesuai, dan sangat sesuai dengan seluruh kriteria. Di daerah pedesaan (rural) manajemen tata guna lahan lebih banyak mengarah ke sektor pertanian. Dengan terpetakannya curah hujan, iklim, kondisitanah, ketinggian, dan keadaan alam, akan membantu penentuan lokasi tanaman, pupuk yang dipakai, dan bagaimana proses pengolahan lahannya. Pembangunan saluran irigasi agar dapat merata dan minimal biayanya dapat dibantu dengan peta sawah ladang, peta pemukiman penduduk, ketinggian masing-masing tempat dan peta kondisi tanah. Penentuan lokasi gudang dan pemasaran hasil pertanian dapat terbantu dengan memanfaatkan peta produksi pangan, penyebarankonsumen, dan peta jaringan transportasi. Selain untuk manajemen pemanfaatan lahan, SIG juga dapat membantu dalam hal penataan ruang. Tujuannya adalah agar penentuan pola pemanfaatan ruang disesuaikan dengan kondisi fisik dan sosial yang ada, sehingga lebih efektif dan efisien. Misalnya penataan ruang perkotaan, pedesaan, permukiman,kawasan industri, dan lainnya.
Pemanfaatan dan penggunaan lahan merupakan bagian kajian geografi yang perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan dari berbagai segi. Tujuannya adalah untuk menentukan zonifikasi lahan yang sesuai dengan karakteristik lahan yang ada. Misalnya, wilayah pemanfaatan lahan di kota biasanya dibagi menjadi daerah pemukiman, industri, perdagangan, perkantoran, fasilitas umum,dan jalur hijau. SIG dapat membantu pembuatan perencanaan masing-masing wilayah tersebut dan hasilnya dapat digunakan sebagai acuan untuk pembangunanutilitas-utilitas yang diperlukan. Lokasi dari utilitas-utilitas yang akan dibangun di daerah perkotaan (urban) perlu dipertimbangkan agar efektif dan tidak melanggar kriteria-kriteria tertentuyang bisa menyebabkan ketidakselarasan. Contohnya, pembangunan tempat sampah. Kriteria-kriteria yang bisa dijadikan parameter antara lain: di luar area pemukiman, berada dalam radius 10 meter dari genangan air, berjarak 5 meter dari jalan raya, dan sebagainya. Dengan kemampuan SIG yang bisa memetakan apa yang ada di luar dan di dalam suatu area, kriteria-kriteriaini nanti digabungkan sehingga memunculkan irisan daerah yang tidak sesuai, agak sesuai, dan sangat sesuai dengan seluruh kriteria. Di daerah pedesaan (rural) manajemen tata guna lahan lebih banyak mengarah ke sektor pertanian. Dengan terpetakannya curah hujan, iklim, kondisitanah, ketinggian, dan keadaan alam, akan membantu penentuan lokasi tanaman, pupuk yang dipakai, dan bagaimana proses pengolahan lahannya. Pembangunan saluran irigasi agar dapat merata dan minimal biayanya dapat dibantu dengan peta sawah ladang, peta pemukiman penduduk, ketinggian masing-masing tempat dan peta kondisi tanah. Penentuan lokasi gudang dan pemasaran hasil pertanian dapat terbantu dengan memanfaatkan peta produksi pangan, penyebarankonsumen, dan peta jaringan transportasi. Selain untuk manajemen pemanfaatan lahan, SIG juga dapat membantu dalam hal penataan ruang. Tujuannya adalah agar penentuan pola pemanfaatan ruang disesuaikan dengan kondisi fisik dan sosial yang ada, sehingga lebih efektif dan efisien. Misalnya penataan ruang perkotaan, pedesaan, permukiman,kawasan industri, dan lainnya.
2. Inventarisasi Sumber Daya Alam
Secara sederhana manfaat SIG dalam data kekayaan sumber daya alamialah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam, misalnya minyak bumi, batubara, emas, besi dan barang tambang lainnya.
- Untuk mengetahui persebaran kawasan lahan, misalnya:
o Kawasan lahan potensial dan lahan kritis;
o Kawasan hutan yang masih baik dan hutan rusak;
o Kawasan lahan pertanian dan perkebunan;
o Pemanfaatan perubahan penggunaan lahan;
o Rehabilitasi dan konservasi lahan.
Secara sederhana manfaat SIG dalam data kekayaan sumber daya alamialah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam, misalnya minyak bumi, batubara, emas, besi dan barang tambang lainnya.
- Untuk mengetahui persebaran kawasan lahan, misalnya:
o Kawasan lahan potensial dan lahan kritis;
o Kawasan hutan yang masih baik dan hutan rusak;
o Kawasan lahan pertanian dan perkebunan;
o Pemanfaatan perubahan penggunaan lahan;
o Rehabilitasi dan konservasi lahan.
3. Untuk pengawasan daerah bencana alam
Kemampuan SIG untuk pengawasan daerah bencana alam, misalnya:
- Memantau luas wilayah bencana alam;
- Pencegahan terjadinya bencana alam pada masa datang;
- Menyusun rencana-rencana pembangunan kembali daerah bencana;
- Penentuan tingkat bahaya erosi;
- Prediksi ketinggian banjir;
- Prediksi tingkat kekeringan.
Kemampuan SIG untuk pengawasan daerah bencana alam, misalnya:
- Memantau luas wilayah bencana alam;
- Pencegahan terjadinya bencana alam pada masa datang;
- Menyusun rencana-rencana pembangunan kembali daerah bencana;
- Penentuan tingkat bahaya erosi;
- Prediksi ketinggian banjir;
- Prediksi tingkat kekeringan.
4. Bidang sosial
Selain dalam inventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pola pembangunan, SIG juga dapat dimanfaatkan dalam bidang sosial. Dalam bidangsosial SIG dapat dimanfaatkan pada hal-hal berikut:
- Mengetahui potensi dan persebaran penduduk.
- Mengetahui luas dan persebaran lahan pertanian serta kemungkinan pola drainasenya.
- Untuk pendataan dan pengembangan jaringan transportasi.
- Untuk pendataan dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan dan pembangunan.
- Untuk pendataan dan pengembangan permukiman penduduk, kawasan industri, sekolah, rumah sakit, sarana hiburan dan rekreasi serta perkantoran.
Selain dalam inventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pola pembangunan, SIG juga dapat dimanfaatkan dalam bidang sosial. Dalam bidangsosial SIG dapat dimanfaatkan pada hal-hal berikut:
- Mengetahui potensi dan persebaran penduduk.
- Mengetahui luas dan persebaran lahan pertanian serta kemungkinan pola drainasenya.
- Untuk pendataan dan pengembangan jaringan transportasi.
- Untuk pendataan dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan dan pembangunan.
- Untuk pendataan dan pengembangan permukiman penduduk, kawasan industri, sekolah, rumah sakit, sarana hiburan dan rekreasi serta perkantoran.
Tugas
3 bidang SI:
Game
sebagai alat pembelajaran dan terapi alternatif di masa depan
Game Sebagai Media Belajar Menyenangkan
Game sering dipandang
sebagai hal yang negatif bagi perkembangan anak. Padahal, menurut
pengalamanku sebagai pecinta game (gamers), game merupakan salah satu cara
paling efektif untuk memasukkan dan memperkenalkan beragam
pengetahuan kepada anak.
Game bisa menjadi alat
ampuh untuk membuat anak menyukai sesuatu, membangun logika berfikirnya,
melatih mental perjuangan serta kesabarannya, mengembangkan kemampuan
manajemennya, bahkan beberapa game mulai melibatkan kegiatan dan gerakan
fisik dalam menjalankannya sehingga meningkatkan koordinasi seluruh tubuhnya.
Di era kemajuan
teknologi seperti ini, keahlian dalam game (baik sebagai pembuat maupun
pemakai) kini bisa menjadi sumber mata pencaharian yang cukup menjanjikan.
Bermain Video Game: Merusak atau
Bermanfaat?
Berikut terdapat
beberapa studi yang meneliti tentang benefit dari bermain video game :
·
Video game sebagai olahraga bagi otak Berdasarkan penelitian yang
dilakukan di Jerman oleh Simone Kühn, ditemukan bahwa bermain video game
‘Mario’ dapat meningkatkan serta melatih otak. Lebih spesifiknya yaitu pada
skill navigasi, ingatan, perencanaan strategis, dan juga keahlian motoric pada
tangan pemain. Aktivitas tersebut juga dapat menjadi sebuah terapi bagi
penderita kelainan mental yang menyebabkan mengecilnya otak seperti
schizophrenia, stress traumatis, penyakit Alzheimer’s, dan lain-lain.
·
Video game dapat meningkatkan inteligensi Sedangkan peneliti di Queen
Mary University of London, menemukan bahwa game strategi seperti ‘Starcraft’
dapat meningkatkan fleksibilitas otak yang mengarah pada inteligensi pemain itu
sendiri. Pemain-pemain tersebut mengalami peningkatan performa pada tes
psikologi, kemampuan kognitif, dll.
·
Video game melatih kita untuk berpikir lebih kritis dan
kreatif Berdasarkan Dr. Alan Weiss, video game dapat mengajarkan pemain
berpikir lebih kritis. Video game membantu menstimulus otak agar dapat
memunculkan solusi-solusi yang revolusioner dan kreatif. Hal tersebut
dikarenakan video game sekarang yang sudah sangat bervariasi dan unik, sehingga
memerlukan usaha-usaha kreatif dari pemainnya untuk memecahkan masalah dalam
game itu sendiri.
·
Video game dapat memperlambat proses penuaanSelain itu, bermain video game
pengasah otak selama 2 jam dalam seminggu membantu memperlambat kondisi mental
yang berkaitan dengan proses penuaan. Studi yang dilakukan terhadap 681
individu berumur 50 atau lebih menunjukkan bahwa bermain video game selama 10
jam dapat mengurangi penurunan kemampuan kognitif hingga 7 tahun.
·
Video game dapat meningkatkan penglihatan Studi di Universitas
Rochester menemukan bahwa video game bergenre first-person-shooter seperti ‘Call
of Duty’ dan ‘Halo’ secara tidak sadar meningkatkan penglihatan pemainnya.
Peneliti percaya bahwa saat kita bermain, kita akan berusaha menganalisis
lokasi dan berusaha mencari musuh, dan hal ini melatih kemampuan penglihatan
kita.
·
Video game membantu penderita disleksia untuk membaca Penelitian di
Itali menemukan bahwa bermain video game action yang mendebarkan juga dapat
meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak penderita disleksia. Disleksia
ialah ketidakmampuan seseorang untuk belajar yang diakibatkan rendahnya
kemampuan membaca. Peneliti merasa video game action membantu anak-anak
meningkatkan perhatian mereka yang di mana hal tersebut krusial bagi kemampuan
membaca.
·
Video game mengurangi kegelisahan serta rasa sakit Pada tahun 2010,
peneliti di American Pain Society menemukan bahwa video game yang berpusat pada
virtual reality terbukti efektif untuk mengurangi gelisah dan rasa sakit akibat
prosedur medis maupun penyakit kronis. Game-game tersebut dapat mengurangi
stress dan rasa takut. Hal tersebut berkaitan dengan fisiologi tubuh kita
sendiri. Pada saat kita bermain video game, otak kita akan memproduksi hormon
endorphin yang berasosiasi dengan kebahagiaan dan suka.
·
Video game membantu proses pemulihan bagi penderita struk Bagi para
penderita struk, peneliti dari Tel Aviv University menemukan bahwa video game
sangat berdampak terhadap proses pemulihan penderita struk. Video game membantu
penderita struk dalam pemulihan pergerakan maupun pemulihan dalam kemampuan
berbicara. Video game juga menyediakan alternatif terapi yang terarah, tidak
repetitif, asik, dan seru, sehingga penderita struk yang sedang dalam proses
pemulihan akan lebih berkomitmen lagi sepenuhnya untuk proses pemulihan yang
mengasikkan tersebut. Akan tetapi, di balik semua manfaat tersebut, bermain
video game juga dapat berakibat fatal bagi diri kita apabila dilakukan secara
berlebihan. Aktivitas bermain video game tersebut dapat menyebabkan pemainnya
menjadi ketagihan. Dan hal ini akan menjadi masalah jika sudah terjadi. Gamer yang
ketagihan bisa jadi akan cenderung menghabiskan waktunya untuk bermain video
game. Hal ini sangatlah tidak produktif, karena gamer bisa terus bermain hingga
melupakan kewajiban-kewajibannya sendiri. Selain itu, bermain video game
berlama-lama juga sangat mengurangi aktivitas fisik pemainnya. Hal ini akan
berdampak sangat buruk terhadap kesehatan, karena pemain akan cenderung duduk
atau berbaring seharian hanya untuk bermain video game. Jika hal ini terus
berkelanjutan, maka akan berujung pada masalah-masalah kesehatan seperti
obesitas, diabetes, kemalasan, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Untuk
itu, para gamer juga harus lebih bijaksana dalam bermain video game. Pada
batasan-batasan tertentu, bermain video game dapat memberikan manfaat bagi
pemainnya. Namun jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan akan berakibat
buruk bagi diri sendiri.
Tugas
4 bidang SI:
Perbedaan
sistem game modern : occulus rift, leaf motion, intel real sense technology,
smart terrain vuforia
1. Oculus Rift
Oculus Rift adalah alat virtual reality yang mampu membuat user seakan
benar-benar berada dalam ruang virtual (immersive virtual experience). Alat
ini langsung menyita perhatian banyak pihak ketika pertama kali dirilis di
Kickstarter. Di CES 2014, mereka sudah melakukan upgrade dengan penambahan
fitur positional tracking dan display low persistant.
Oculus membuat SDK (Software Development Kit) yang akan membantu para
pengembang untuk mengintegrasikan game mereka dengan perangkat Oculus. Sebelum
diperkenalkan lewat Kickstarter, John D. Carmack, seorang programmer game yang
juga pendiri id Software, tertarik dengan purwarupa Oculus Rift yang sempat
didemokan padanya. Dan tidak lama kemudian, John mengumumkan bahwa game mereka
yaitu Doom 3: BFG Edition akan dirancang ulang agar bisa dimainkan melalui
perangkat tersebut. Game ini pun langsung dijadikan sebagai game resmi pertama
yang mendukung Oculus serta menjadi game yang didemokan saat Oculus ditampilkan
di Kickstarter. Meski sebenarnya, game pertama yang dimainkan di Oculus adalah
Fortress 2. John D. Carmack yang getol akan Oculus ternyata tidak sejalan
dengan id Software sehingga ia keluar dari sana dan kini menjadi CTO Oculus.
Dengan makin banyaknya pengembang yang tertarik bergabung, kini sudah banyak
game yang dihadirkan bagi Oculust Rift.
(https://www.facebook.com/FusiIndonesia/posts/647470751983003)
2. Leap Motion
Penggunaan Leap Motion ini memungkinkan
pengguna untuk mengontrol komputer tanpa
menyentuhnya, cukup menggerakan jaridi depan sensor Leap Motion.
Seperti yang dikutip dari VentureBeat,
Andadapat melakukan presentasi dengan gerakan jari, pindah dari
satu slide ke slidelain hanya dengan jentikan jari, canggih
bukan?
Leap Motion ini dikembangkan oleh
David Holz dan Michael Buckwald. Mereka mengembangkan perangkat
mirip Microsoft Kinect namundiklaim memiliki tingkat akurasi yang
lebih tinggi. Tujuan David Holz dan Michael Buckwald adalahmenggantikan
fungsi keyboard dan mouse dan memungkinkan pengguna menjelajahikomputer
hanya dengan gerakan jari.
Cara kerja Leap
Motion adalah dengan menciptakan ruang 4 kaki kubik interaktif
yang mampu mendeteksi jari, tangandan gerakan lengan.
Teknologi Leap Motion memang
serupadengan Kinect, namun Leap Motion ini jauh lebih canggih dan akurat hal
inikarena perbedaan metode kerja yang digunakan Kinect dengan Leap
Motion.
David Holz dan Michael Buckwald
mengatakanbahwa Leap Motion adalah suatu lompatan teknologi yang menguntungkan
bagisistem komputer dan sistem operasi. Apa yang bisa dilakukan oleh
mouse, LeapMotion dapat lakukan.
Di kantor pusat Leap Motion, terdapat
beberapademo teknologi Leap Motion berupa game Fruit Ninja yang
dimainkanmenggunakan Leap Motion.
Saat ini Leap Motion menerima
pre-ordermulai hari senin (21/05/2012) dengan harga sekitar $69 atau
sekitar 600 ribuan.
Leap Motion juga menyediakan
SoftwareDevelopment Kit (SDK) untuk membantu pengembang menciptakan aplikasi
atau gameberbasis Leap Motion.
(http://lompat-atap.blogspot.com/2013/03/leap-motion-kontrol-komputer-dengan.html)
3. Intel
RealSense Tech, teknologi yang akan mengubah manusia berinteraksi dengan
devicenya. Yaitu kita dapat menggunakan gagdet dengan gesture control dan 3D
scanning, tanpa sentuhan ke layar lagi. Hebat! Teknologi ini akan mendeteksi
gerakan serta wajah kita dengan sensor yang dimilikinya. Para Developer dapat
join IoT Developer Program untuk dapat memesan 3D Camera, hardware dari
teknologi hebat ini. Kemudian ada salah satu developer Indonesia yang berasal
dari Bandung menunjukkan game buatannya yang menggunakan teknologi Intel
RealSense ini. Dia membuat game bertema angkot yang akan berjalan jika kita
memberi instruksi suara dengan "Ngeeeeng" dan instruksi tangan untuk
mengendalikan angkotnya. Game ini pun langsung mendapatkan apresiasi yang meriah
dari audiens. Lalu Intel melaunching Idojo atau Indonesian Developer
Journey sebagai program untuk mendukung developer lokal Indonesia.
4. Smart Terrain
Vuforia adalah kemampuan
rekonstruksi 3D baru yang membawa pengalaman interaktivitas untuk augmented
reality (AR) ke level yang lebih seru. Aplikasi yang didukung oleh Smart
Terrain ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan ruang bermain mereka
sendiri di mana karakter permainan dapat berinteraksi dengan dunia nyata dengan
cara yang belum pernah dialami sebelumnya; karakter dapat melakukan navigasi
pada sekitar, berbenturan dengan dan melompati bendabenda di lingkungan
pengguna.Teknologi ini merupakan terobosan besar bagi pengalaman AR, membawa
interaktivitas dan keaslian kepada pengguna ke tingkat yang baru.
Tugas
Sunnah bidang SI :
Otto Cornelis Kaligis adalah
pengacara yang lahir pada tanggal 19 Juni 1942 di Ujung Pandang Makassar.Pengalaman
menangani kasus di Indonesia sudah sangat banyak. Terutama untuk kalangan
artis, selebritis, pejabat, dan kasus yang menyedot perhatian banyak orang.
Sebagai pengacara
yang bergerak di bidang penegakan hukum dan keadilan, OC Kaligis telah memiliki
pengalaman dalam beragam kasus, di antaranya adalah mengenai buruh pabrik, kuli
bangunan, sopir PPD, dan rakyat miskin lainnya. Dalam satu kasus, dia juga
pernah membela seorang residivis yang ditembak polisi, Sudarto, tanpa bayaran.
Tapi ia juga mendampingi artis Ida Iasha, Lidya Kandou, Onky Alexander, Nike Ardilla, dan Zarima. Selain itu, dia
juga pernah membela sejumlah pejabat dan mantan presiden, di antaranya adalah
Samadikun Hartono, HM Soeharto dan BJ Habibie.
Dalam kasus pembelaan
terhadap 35 orang sopir PPD yang menuntut pembayaran dana pensiun, OC Kaligis
mengalami kekalahan di Mahkamah Agung. Sebagai
aksi protes terhadap putusan tersebut, dia membayar sendiri 'uang pensiun'
ke-35 kliennya hingga mereka meninggal dunia. Salah satunya untuk menentang
bentuk ketidakadilan adalah dengan cara menulis surat pembaca, baik disurat kabar maupun majalah.
Usai meraih gelar
sarjana hukum di Universitas
Parahyangan Bandung, Kaligis langsung magang menjadi asisten notaris
Tumbunan yang berkantor di Jalan Pegangsaan, dari status magang, dan kemudian
menjadi asisten notaris. Ia juga sempat menjadi pengacara dari Farhat Abbas
Kasus besar yang ditangani OC Kaligis
Skandal video porno mirip artis Ariel Peterpan, Luna Maya, dan Cut Tari
1.
Pencemaran nama baik RS Omni Tangerang dengan terdakwa Prita Mulyasari
2.
Kasus suap wisma Atlet Muhammad
Nazaruddin, anggota DPR RI dari Partai Demokrat
Pendidikan
SMP dan SMA di St. Petrus Claver, Makasar (1955-1961).
1.
Fakultas Hukum, Universitas
Parahyangan Bandung (1961-1966).
2.
Pendidikan Ketrampilan Kenokatariatan, Universitas
Indonesia (1968).
3.
Fakultas Filosofi Universitas Rheinish Westfalische
Technische Hochschule (RWTH), Jerman (1972-1975).
4.
Doktor Ilmu Hukum, Universitas
Padjadjaran (2009).
Karier di luar Pengacara
Anggota fungsionaris Golkar (1986-sekarang).
1.
Anggota Asosiasi Advokat Indonesia (1988-sekarang).
2.
Anggota Mondiale De la Presse Diplomatique
(1988-sekarang).
3.
Pejabat di Lembaga Bantuan Hukum Kosgoro
(1999-sekarang).
4.
Dosen tamu pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia ,
Fakultas Hukum Universitas Airlangga dan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia.
Karya
Pembawa makalah pada Asia Foundation di Kuala Lumpur "Judiciary
System and Procedures Settlement of Civil Law Suits in Indonesia (1984).
1.
Pembawa makalah di depan Alumni Mahasiswa Jerman di
Jakarta "How To Invest Your capital In Indonesia" (1988).
2.
Menulis buku "Praperadilan dalam Praktek" dan
"Praperadilan dalam Kenyataan", "Praktek-praktek Peradilan Tata
Usaha Negara (I-III)", "Terminal Hukum O.C. Kaligis",
"Pertarungan David Vs Goliath", "Cross-Examination (The case of
Hendra Rahardja)", "Otopsi Pra-Dakwaan Kasus Bank Bali"
Penangkapan
Pada 14 Juli 2015, ia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Penetapan tersebut terkait kasus dugaan
suap hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) diMedan, Sumatera Utara. Sebelumnya KPK telah meminta Dirjen Imigrasi
melakukan pencegahan ke luar negeri atas nama OC Kaligis.
4
Tugas Bidang Lain:
Tugas
1 Bidang Lain:
Masa
depan pesepakbolaan Indonesia
Indonesia diambang sanksi FIFA. Ketua Umum PSSI La
Nyalla Mattalitti memastikan posisi otoritas sepak bola dunia itu tetap pada
keputusan mereka yang telah disampaikan melalui suratnya kepada PSSI, bahwa
FIFA akan menjatuhkan sanksi suspensi terhadap sepakbola Indonesia.
Masa depan sepak bola Indonesia kini di ujung tanduk
karena Menpora masih bersikukuh dengan sikapnya. Sehingga penjatuhan sanksi
FIFA semakin menjadi keniscayaan seiring batas waktu yang diberikan FIFA hingga
tanggal 29 Mei 2015.
FIFA menyatakan, mereka akan mencabut sanksi dan
memulihkan keanggotaan PSSI apabila Indonesia memenuhi sejumlah syarat,
diantaranya PSSI kembali diberi wewenang untuk mengelola urusannya secara
independen.
Menurut pengamat sepak bola Andi Bachtiar Yusuf,
pernyataan FIFA itu berarti Kemenpora harus mengoreksi surat keputusan
pembekuan PSSI pimpinan La Nyalla.
Indonesia adalah negara ke-12 yang dijatuhi sanksi
FIFA, akibat konfilik PSSI dan Kemenpora. FIFA menjatuhi sanksi kepada
Indonesia tanggal 30 Mei 2015 hingga batas waktu yang belum ditentukan.
Sanksi yang diberikan FIFA pun mengakibatkan
Indonesia tidak bisa bertanding di seluruh turnamen Internasional. Ditambah,
bantuan dana, program, atau kursus dari FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia
pun dihentikan.
(http://soccer.sindonews.com/read/1006384/58/fifa-bergeming-masa-depan-sepak-bola-indonesia-di-ujung-tanduk-1432799718)
Tugas
2 Bidang Lain:
Dana
aliran aspirasi DPR
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Usulan dana aspirasi
Rp 15 Milliar yang diajukan oleh Partai Golkar tidak ada dasar hukumnya dan
melanggar undang-undang. Tidak hanya itu, program tersebut juga melanggar tata
cara urutan pembahasan APBN.
"Undang-undang Nomor 17 Tentang Keuangan
Negara, pengguna anggaran adalah pemerintah bukan DPR, dan ini ada tahapan,dan
disitu masuk dibahas, dan dikelola oleh Bappenas,"ujar Anggota DPR dari
Fraksi Partai Amanat Nasional, Laurens Bahang Dama saat acara diskusi Polemik
di Warung Daun. Jakarta, Sabtu (19/6/2010).
Selain itu, menurut Laurens pada bunyi Undang-undang
Nomor 27 Tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD anggota dewan harusnya melakukan
pengawasan bukan pengguna anggaran.
"Bagaimana fungsi DPR di situ, DPR bukan
sebagai pengguna hanya pengawasan, ini saja sudah bertentangan, "
jelasnya.
Dalam siklus pembahasan APBN juga dilanggar dan
tidak sesuai dengan Undang-undang.
"Pertama, kebijakan fiskal dan makro ekonomi
dibahas dulu, baru menjadi PAGU inisiatif sementara, kemudian RAPBN dan di situ
sudah masuk. Dari situlah dibahas di DPR, Undang-undang APBN, November PAGU,
Desember itu bahas DIPA, itu seharusnya yang dilakukan dulu, jangan langsung
mengusulkan, " tandasnya.
Fraksi Golkar Dewan Perwakilan Rakyat tetap
menginginkan agar program alokasi anggaran Rp 15 Miliar per daerah pemilihan
dilakukan menyatakan bahwa program tersebut adalah untuk keadilan dan
pemerataan pembangunan bagi penduduk di daerah.
Dana program ini dicanangkan masuk APBN untuk
menyantuni wilayah terpencil yang selama ini tidak tersentuh oleh APBN ataupun
APBD. Presiden SBY sendiri saat berada di Cipanas, Jawa Barat menyiratkan tidak
setuju atas usulan tersebut.
(http://www.tribunnews.com/nasional/2010/06/19/laurens-dana-aspirasi-langgar-undang-undang)
Menurut saya dalam berita ini. pihak anggota DPR
sangat bertele-tele dan tidak tegas dengan alasan ada nya dana aspirasi sebesar
Rp. 15 milyar, ini tentu saja sangat merugikan banyak pihak di Indonesia,
seharusnya untuk dana bagi anggota DPR RI, tidak perlu sebesar itu, karena dana
nya dapat digunakan untuk penggunaan fasilitas umum di Indonesia yang sangat
buruk dan masih banyak hal lain yanh harus menjadi prioritas utama.
Tugas
3 Bidang Lain:
Adanya
GOJEK di kalangan masyarakat luas
Menurut saya go-jek adalah layanan ojek yang sudah
level up karena sudah turut serta masuk ke fitur aplikasi smartphone dimana
kita pemilik smartphone dapat melakukan booking ojek secara online. Tak hanya
layanan antar ojek (transport) saja, tapi go-jek juga menyediakan layanan kurir
untuk pengiriman atau penjemputan barang (instant courier), dan juga layanan
bantuan dari driver go-jek untuk membelanjakan keperluan seperti makanan, obat
ataupun ticket dengan catatan tak melebihi IDR 1.000K (shopping)
Menurut GO-JEK, ada beberapa keuntungan yang akan kita
dapatkan ketika menggunakan layanan go-jek yaitu :
1. Nikmati semua pengantaran dan pembelian
secara instan.
2. Kamu juga dapat memasukkan contact temanmu,
apabila dia adalah sender atau receiver (belum pernah coba yang ini).
3. Pembayaran yang transparant.
4. Pelayanan door to door yang tercepat.
5. Kita dapat menghubungi para driver dan melacak
keberadaan item yang kita pesan.
6. Dapatkan notifikasi mengenai antaran yang kita
lakukan.
Mengutip kembali judul pada postingan
ini, GO-JEK Mudah? Nyaman? Murah? Maka jawaban saya adalah cukup mudah,
nyaman dan relatif murah. Untuk mempermudah penjelasan mengenai jawaban saya,
akan saya jelaskan terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan layanan
go-jek
Kita tinggal mendownload aplikasi GO-JEK yang sudah
tersedia di store setiap smartphone, kemudian setelah membuka aplikasinya, kita
tinggal memilih tempat tujuan atau destinasi, lalu akan muncul harga yang akan
dibayarkan. Harga disesuaikan dengan jarak yang ditempuh.
Menurut saya, GO-JEK adalah layanan antar jemput
yang cepat dan aman karena sudah terjamin dari organisasinya.
Tugas
4 Bidang Lain:
Misteri
Kematian Angeline
Kasus hilangnya bocah 8 tahun Angeline telah
terungkap, bukannya hilang tetapi anak malang tersebut telah dibunuh oleh
pembantu ibu tirinya yang berinisial AT, sebelum nyawa korban dihabisi pembantu
berinisial AT itu telah mencoba beberapa kali untuk menodai keperawanan
Angeline tetapi selalu saja upayanya gagal, dan pada 16 mei 2015 kejahatan pria
berinisial AT tersebut yang tidak lazim itu dilaksanakannya yaitu membunuh
Angeline dengan membenturkan kepalanya ketembok hingga Angeline pun meninggal,
dan setelah Angeline meninggal pembantu sekaligus pengaman rumah yang ditempati
Angeline itu menyetubuhi bocah malang tersebut.
Sebelum terungkapnya kasus yang dikabarkan
melibatkan ibu tiri Angeline tersebut, bocah 8 tahun tersebut dikabarkan oleh
ibu tirinya menghilang, dan membuat pengumuman dimedia social bahwa siapa saja
yang dapat menemukannya akan diberi imbalan 40 juta rupiah, disini siti sapurah
yaitu pendamping hukum pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak
(p2tp2a) yang sejak awal kasus hilangnya Angeline hingga terungkapnya pembunuhan
terus menyelidiki kasus ini, dia merasa banyak kejanggalan yang diungkapkan
oleh ibu tirinya itu.
Salah satunya adalah saat ibu tirinya yang berkata
bahwa Angeline hilang saat dia sedang berada di halaman rumah saat ingin
menenui pembantunya, kedua adalah mengapa ibu tirinya tersebut tidak langsung
melapor kepada polisi tetapi malah melalui media social, terungkapnya kasus
pembunuhan tersebut, membuat Siti merasa hal ini adalah sesuatu yang sudah
direncanakan dengan rapi oleh tersangka dan ibu tirinya itu.
Terungkapnya kasus ini juga dikarenakan Siti
melaporkan kejadian tersebut kepada mentri perlindungan anak, dan langsung
polisi menggeledah rumah ibu tirinya tersebut hingga polisipun menemukan bau
yang sangat menyengat didekat kandang ayam miliknya, kemudian setelah
diselidiki lebih lanjut memang benar bau tersebut ternyata berasal dari tubuh
Angeline yang sudah kaku yang dikubur dekat halamanya, dari hal tersebut Siti
mengungkapkan ibu tirinya juga terlibat dalam kasus pembunuhan tersebut, karena
mana mungkin ibu tirinya tidak tahu tentang bau yang menyengat tersebut padahal
bau tersebut bisa sampai kedalam rumah.
Dalam reka adegan si pelaku kejahatan memperagakan
semua kejadian demi kejadian berlangsungnya pembunuhan biadab tersebut kepada
polisi, meski pelaku pembunuhan dikawal ketat oleh polisi dari amukan masa yang
melihatnya, dan pria berinisial AT mengatakan menyesal telah berbuat seperti
itu, tetapi beras sudah menjadi bubur pembantu berinisial AT tersbut harus
menerima hukuman yang setimpal-timpalnya kalau perlu hukuman seumur hidup dan
membusuk dipenjara, karena jika hukuman mati dia dan kita tidak akan bisa
melihat betapa berat kejahatan yang dilakukannya.
Namun, dalam beberapa waktu terakhir AT selalu
memberikan keterangan yang berubah-ubah sehingga membuat pihak kepolisian
bingung, namun setelah dites dengan alat kebohongan, banyak hal yang didapatkan
oleh pihak kepolisian. Saat di tanya, AT memberikan keterangan bahwa Ia dipaksa
memberikan keterangan palsu kepada pihak kepolisian bahwa ia lah yang membunuh
dan memperkosa Angeline hingga tewas, agar AT mendapatkan bayaran sebesar Rp
200 juta.
Hal menjadi semakin janggal dengan ditemukannya
bercak darah di kamar Ibu Tiri Angeline, namun Ibu Tiri Angeline memberikan
keterangan bahwa bercak dara tersebut adalah bercak darah kucing. Menurut saya
ini adalah hal yang sangat tidak mungkin, apalagi 2 menteri Bali yang ditolak
kedatangannya oleh Ibu Tiri Angeline. Ibu Tiri Angeline sangat menutup diri
dari media TV dan lain-lain, setiap didatangi dirinya menolak. Tidak mungkin Ia
menolak jika bukan pembunuhnya, karena Ia sangat takut dan merasa tidak bisa
memberikan penjelasan.
Tugas
Sunnah Bidang Lain:
Badrodin Haiti
Jenderal Polisi Drs. Badrodin Haiti (lahir di Paleran, Umbulsari, Jember, Jawa Timur, 24 Juli 1958; umur 57 tahun) adalah Kepala Kepolisian
Republik Indonesia (Kapolri) yang menjabat sejak 17 April 2015, sejak Presiden Joko Widodo memberhentikan dengan hormat Jenderal Polisi Sutarman sebagai Kapolri pada tanggal 16 Januari 2015.Pada 18 Februari 2015, ia diajukan sebagai calon tunggal
Kapolri, menyusul keputusan Presiden Jokowi untuk tidak melantik Komjen Budi
Gunawan menjadi Kapolri. Pada tanggal16 Januari 2015 hingga 17 April 2015, Badrodin ditunjuk Presiden Jokowi
menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kapolri yang melaksanakan tugas sehari-hari
Kapolri hingga pelantikan Kapolri definitif dilaksanakan.
Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Kepala
Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), dan sebelum itu mengemban tugas
sebagai Kabaharkam Mabes Polri, dimana ia dikenal karena kesederhanaan, integritas,
ketegasannya, dari 2 Agustus 2013 hingga
pengangkatannya sebagai Wakapolri pada 27 Februari 2014.
Riwayat hidup
Badrodin merupakan alumnus terbaik Akpol 1982 (meraih Adhi Makayasa) yang pernah
menjabat Kapolda Banten, Kapolda Sulawesi Tengah dan Kapolda Sumatera Utara.
Dia beristri satu dengan dua orang putera. Setelah menjabat Kapolda Jatim sekitar
tujuh bulan, dia ditarik ke Mabes Polri dan menjabat Koorsahli Kapolri.
Badrodin menjadi orang nomor dua (Wakapolri)
di Korps Bhayangkara menggantikan seniornya, Komjen. Pol. Drs. Oegroseno yang pensiun. Pengangkatan Badrodin
diumumkan sendiri oleh Kapolri Jend. Pol. Sutarman.
Pada 16 Januari 2015 malam,
Badrodin ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi pelaksana tugas (Plt.) Kapolri
menggantikanSutarman yang resmi diberhentikan dan selagi
menunggu pelantikan Kapolri terpilih Budi Gunawan yang dijadikan tersangka oleh Ketua
KPK Abraham Samad dan kini menjalani proses
pra-peradilan.
Pada 18 Februari 2015, ia akhirnya resmi diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR sebagai calon tunggal Kapolri
menggantikan Budi Gunawan yang telah menimbulkan kontroversi di
tengah masyarakat dan pada 17 April 2015 Badrodin
akhirnya resmi dilantik Presiden Jokowi sebagai Kapolri definitif setelah
sehari sebelumnya DPR menyetujui pencalonannya sebagai Kapolri.
Kontroversi
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyesalkan penunjukkan
Badrodin Haiti sebagai Wakapolri menggantikan Oegroseno. Hal ini karena mereka
menyebut adanya indikasi Badrodin terkait pelanggaran HAM di Poso tahun 2007.
Riwayat Pendidikan
Akpol (1982)
·
PTIK (1989)
·
Sespim (1998)
·
Lemhanas RI (2003)
TMT Kepangkatan
·
Inspektur
Polisi Dua (1982)
·
Inspektur
Polisi Satu (1984)
·
Ajun
Komisaris Polisi (1987)
·
Komisaris Polisi (1993)
·
Ajun Komisaris Besar Polisi (1997)
·
Komisaris
Besar Polisi (2001)
·
Brigadir
Jenderal Polisi (2006)
·
Inspektur
Jenderal Polisi (2009)
·
Komisaris
Jenderal Polisi (2013)
Riwayat jabatan Danton Sabhara Dit Samapta
Polda Metro Jaya (1982)
·
Kasubro Ops Polres Metro Depok Polda Metro
Jaya (1983)
·
Kapolsek Pancoran Mas Polres Metro Depok
Polda Metro Jaya (1983)
·
Kabin Info PPKO Polda Metro Jaya (1984)
·
Kabag Min Polres Aileu Polwil Timor Timur
(1985)
·
Kasat Serse Polres Metro Bekasi Polda Metro
Jaya (1990)
·
Kapolsek Metro Sawah Besar Polres Metro
Jakpus Polda Metro Jaya (1993)
·
Kasat Serse Polres Metro Jakarta Barat Polda
Metro Jaya (1994)
·
Wakapolres Metro Jakarta Timur Polda Metro
Jaya (1995)
·
Pabungkol Spri Kapolri (1996)
·
Pamen Mabes Polri (1997)
·
Paban Madya Dukminops Paban II/Ops Sops Polri
(1998)
·
Kapolres Probolinggo Polwil Malang Polda Jawa
Timur (1999)
·
Kapoltabes Medan (2000)
·
Direskrim Polda Jawa Timur (2003)
·
Kapolwiltabes Semarang Polda Jawa Tengah
(2004)
·
Kapolda Banten (2004)
·
Seslem Lemdiklat Polri (2005)
·
Kapolda Sulawesi Tengah (2006)
·
Dir I Bareskrim Polri (2008-2009)
·
Kapolda Sumatera Utara (2009-2010)
·
Kadivkum Polri (2010)
·
Kapolda Jawa Timur (2010-2011)
·
Sahli Kapolri (2011)
·
Asops Kapolri (2011-2013)
·
Kabaharkam (2013-2014)
·
Wakapolri (2014-2015)
·
Kapolri (17 April 2015-Sekarang)
Jabatan kepolisian
|
||
Didahului oleh:
Sutarman |
Kepala
Kepolisian Negara Republik Indonesia
2015–sekarang |
Petahana
|
Didahului oleh:
Oegroseno |
Diteruskan oleh:
Budi Gunawan |
|
Kepala
Badan Pemelihara Keamanan Polri
2013–2014 |
Diteruskan oleh:
Putut Eko Bayu Seno |
|
Didahului oleh:
Pratiknyo |
Kapolda Jawa Timur
2010–2011 |
Diteruskan oleh:
Untung Suharsono Radjab |
Didahului oleh:
Nanan Soekarna |
Kapolda Sumatera
Utara
2009–2010 |
Diteruskan oleh:
Oegroseno |
Didahului oleh:
Oegroseno |
Kapolda
Sulawesi Tengah
2006–2008 |
Diteruskan oleh:
Suparni Parto |
Didahului oleh:
Abdurachman |
Kapolda Banten
2004–2005 |
Diteruskan oleh:
Timur Pradopo |